Investasi pertanian online

Investasi pertanian online

Investasi pada sektor pertanian dan peternakan/perikanan atau yang lebih populet dikenal dengan agribisnis merupakan jenis investasi yang sebenarnya cukup beresiko, namun cenderung diminati karena secara umum imbal hasil yang ditawarkan cukup menarik.

Cara menghemat listrik di rumah

cara hemat listrik di rumah
Gambar dari pixabay.com
Salah satu strategi bertahan ditengah berbagai keterbatasan adalah dengan hidup hemat. Ada pilihan lain yang bisa ditempuh bagi yang tidak mau menjalani gaya hidup ini, yaitu dengan meningkatkan produktifitas sehingga pendapatan bertambah. Namun pilihan kedua ini tidak cukup mudah bagi semua orang sehingga tidak banyak yang bisa melakukannya. Dengan berhemat akan banyak sumber daya yang bisa disimpan dan diamankan untuk mengantisipasi kondisi sulit yang mungkin terjadi pada masa-masa yang akan datang.

Tidak perlu malu menjalani gaya hidup hemat atau bahasa kerennya gaya hidup minimalis atau hidup sederhana. Ada banyak kok contoh orang sukses dengan capaian materi berlimpah menjalani gaya hidup ini. Sebut misalnya pengusaha nasional almarhum Bob Sadino atau Billgate Bos Microsoft, CEO Facebook Mark Zuckerberg dll. Jadi pada dasarnya berhemat dalam segala hal merupakan sikap hidup positif yang layak dijalani oleh setiap orang dalam kondisi normal sekalipun.

Sebagai salah satu contoh saja. Bayangkan ketika semua orang diseluruh dunia menyadari pentingnya hemat energi, karena menyadari bahwa cadangan energi dunia terbatas sehingga tidak akan bepergian untuk sesuatu yang tidak penting, menghindari menggunakan kendaraan yang boros bensin, cenderung menggunakan publik transportation, mematikan lampu dan perangkat elektronik lain yang tidak digunakan, lebih memilih jalan kaki dan ngegowes untuk bepergian dengan jarak yang relatif terjangkau.

Dengan sikap hidup ini memungkinkan generasi yang akan datang masih bisa menikmati hidup dengan supply sumber daya energi secara mencukupi. Berita buruknya adalah masyarakat dunia saat ini cenderung mengabaikan gaya hidup sederhana ditengah keterbatasan cadangan sumber daya energi (minyak) yang diprediksi kira-kira pada 2030 habis, sementara sumber daya energi alternatif yang cukup ekonomis belum ditemukan.

Salah satu pengeluaran rutin keluarga yang berpotensi membengkak ketika tidak diantisipasi degan baik adalah pengeluaran untuk pembayaran listrik. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sehingga penggunaan listrik keluarga dapat diminimalisir, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

I. Desain Rumah dengan pencahayaan & sirkulasi udara alami secara memadai.


Rumah dengan desain pencahayaan yang memadai akan cenderung sehat untuk ditinggali dan tidak perlu adanya pencahayaan dengan daya listrik untuk penerangan tambahan di siang hari. Dalam hal ini terjadi minimal 2 penghematan sekaligus yaitu :
  1. Penghematan daya listrik karena off nya bola lampu di siang hari.
  2. Lifetime bola lampu menjadi lebih lama karena penggunaan hanya ketika malam hari.
Dengan sirkulasi udara yang baik, suasana di dalam rumah terasa sejuk secara alami. Disini minimal terjadi 3 penghematan sekaligus yaitu :
  1. Kesejukan alami jauh lebih sehat bila dibandingkan dengan kesejukan yang dihasilkan dari mesin pendingin - AC (Air Conditioner).
  2. Penghematan daya listrik dengan peniadaan AC, perlu disadari bahwa salah satu perangkat rumah tangga dengan konsumsi daya besar adalah AC terlebih bila digunakan sepanjang siang dan malam.
  3. Penghematan dengan tidak perlu mengalokasikan dana untuk pembelian AC.

II. Gunakan perangkat elektronik hemat daya.


Dengan semakin majunya teknologi & inovasi2 yang terjadi, makin banyak produk elektronik dengan kualitas makin bagus dengan konsumsi daya makin kecil, misalnya lampu LED. Untuk penggunaan AC dengan ruangan yang tidak terlalu besar cukup pasang AC 1/2 PK dll.

III. Hindari perangkat RT dengan konsumsi daya besar.


Salah satu contoh perangkat dimaksud adalah Dispenser/mesin pemanas air dan Magic Com/mesin penanak nasi. Untuk pemanas air, sebenarnya akan jauh lebih ekonomis bila menjerangnya dengan bantuan kompor gas, selain lebih cepat juga hasil yang akan lebih baik karena pemanasan sempurna bisa sampai 100% celcius sehingga kalau misalnya buat bikin kopi atau teh hasilnya akan jauh lebih nikmat. Begitupun ketika hendak menyeduh mie instan. Alasan orang menggunakan Dispenser lebih karena faktor kepraktisan.

IV. Gunakan perangkat elektronik secara bijak.


Untuk perangkat2 elektronik dengan konsumsi daya listrik besar namun terpaksa harus digunakan seperti penggunaan AC, gunakan hanya pada saat benar2 dibutuhkan misalnya ketika hendak istirahat malam, sehingga dapat tidur dengan nyenyak dan bangun pagi dengan kesegaran dan energi baru. Pastikan perangkat yang tidak digunakan dalam kondisi mesin off, sehingga tidak ada daya listrik yang terbuang sia-sia.

V. Maksimalkan SDA untuk menghasilkan listrik secara mandiri.


Beberapa puluh tahun lalu (sekitar tahun 2002), ketika "berwisata" kesalah satu daerah di Mega Mendung, Puncak, Bogor - Jawa Barat. Saya dibuat kagum karena warga disana (cuma ada beberapa rumah sih)  memanfaatkan air terjun untuk menghasilkan listrik secara mandiri. Kalau malam tiba cuma beberapa bolam kecil yang dihidupkan sih, itupun sering kali tegangan terasa banget ngga stabil, berasa lebih redup beberapa saat kemudian terang kembali. Meski begitu menurut saya lumayan banget, dan masih sangat yakin bisa dimaksimalkan sehingga menghasilkan daya listrik yang lebih baik lagi, setidaknya cukup membantu mengurangi beban PLN.

Jasa service AC terpercaya

jasa service ac bekasi
Gambar dari pixabay.com
Seiring dengan pesatnya pembangunan pada berbagai sektor, menjamurnya kompleks-kompleks perumahan baru maka salah satu dampak langsungnya adalah berkurangnya lahan-lahan serapan, juga Lahan Terbuka Hijau (LTH), bahkan banyak lokasi dengan peruntukan LTH berubah fungsi menjadi pusat perbelanjaan, perkantoran atau pusat kegiatan bisnis lainnnya. Kondisi ini akan berdampak secara langsung pada perubahan perilaku masyarakat, salah satunya adalah penggunaan AC oleh masing-masing Rumah Tangga menjadi sebuah kewajiban. Gerah yang dirasakan tidak hanya ketika diluar rumah, bahkan ketika didalam rumah sekalipun. Tidur menjadi tidak nyenyak akibatnya produktifitas kerja bisa menurun apabila tidak dicarikan solusinya (penggunaan AC- Air Conditioner).

Tidak terkecuali dengan masyarakat Jabodetabek dimanapun hampir pasti merasakan kondisi seperti yang telah disebutkan diatas, kecuali pada sebagian kecil wilayah pinggiran Depok dan Bogor ya. Hal ini tidak terlepas dari proses industrialisasi masif yang terjadi di wilayah ini. Yang diikuti dengan konvesi lahan-lahan pertanian menjadi kompleks-kompleks perumahan, pusat-pusat bisnis dan kegiatan ekonomi lainnya yang sering kali mengorbankan peruntukan untuk area-area serapan dan Lahan Terbuka Hijau. Akibatnya bisa ditebak kan, ketika musim penghujan, air berlimpah bahkan kelewat berlimpah (banjir) sementara ketika musim kemarau terjadi krisis kekurangan air secara akut.

Sebagai warga salah satu kompleks di pinggiran Bekasi, sudah sejak lebih 5 tahun yang lalu saya terpaksa pasang AC dirumah karena seringkali istirahat malam tidak maksimal, anak-anak rewel dan susah tidur lantaran gerah. Ini diperparah dengan desain awal rumah yang sejak awal memang kurang banyak memberikan ruang untuk sirkulasi udara, karena lebih mikirin faktor safety. Saya bilang terpaksa karena pada dasarnya lebih suka semilir angin yang natural, selain ekonomis juga lebih menyehatkan. Coba bandingkan dengan kesejukan yang dihasilkan dari AC, kalau boleh memilih tentu saja setiap orang akan lebih pilih angin sepoi-sepoi yang alami nan menyehatkan. Mimpi kali bisa seperti itu di Jabodetabek?

Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, dengan AC istirahat malam keluarga menjadi lebih berkualitas yang akan berdampak pada produktifitas keseharian menjadi lebih baik. Tetapi salah satu ongkos yang harus dibayar adalah biaya listrik bulanan yang naik secara cukup signifikan. Lakukan beberapa hal berikut, sehingga biaya listrik & potensi biaya lain dapat diminimalisir :

  1. Gunakan AC dengan PK rendah, kalau ruangan tidak terlalu besar 1/2 PK sudah cukup dingin.
  2. Hidupkan AC hanya ketika hendak istirahat malam, tidak sepanjang hari.
  3. Lakukan pembersihan & perawatan secara rutin paling tidak 3 bulan sekali sehingga AC dapat senantiasa berfungsi secara optimal dan tetap awet. 
  4. Membersihkan AC secara mandiri untuk efisiensi ... ini sangat disarankan, cukup mudah kok untuk seorang pemula sekalipun, tetapi untuk tahap awal bisa didampingi sama ahlinya. 

AC Rusak

Salah satu yang harus dipersiapkan adalah ketika AC rusak, tidak dingin atau mati sendiri setelah beberapa saat dihidupkan atau jenis kerusakan lainnya. Perlu penguasaan dasar bagaimana AC bekerja, sehingga ketika terpaksa memakai jasa tehnisi untuk memperbaiki AC yang tidak berfungsi semestinya menutup potensi untuk dibohongi oleh tehnisi2 nakal. Percaya deh diluaran banyak banget bergentayangan. Berdasarkan pengalaman, meski banyak tehnisi AC, tetapi tidak banyak yang jujur dan bener2 expert di bidangnya bahkan saya baru mendapatkannya setelah orang ke-7.

Jasa service AC Bekasi

Pernah suatu ketika AC dirumah tidak berfungsi, tetap gerah meskipun AC dinyalakan. Panggil tehnisi, kesimpulan setelah melakukan beberapa pengecekan, AC bocor dan harus dilakukan serangkaian kegiatan copot unit & compresor angkut kerumahnya. Selang sehari setelah selesai (ngga tahu diapain sama si tehnisi), unit & kompresor kembali di pasang dan setelah dilakukan serangkaian uji coba AC terbukti kembali dingin & bekerja dengan baik. Biaya Rp. 800.000,-. Dia bilang digaransi. Tetapi setelah sebulan ternyata penyakit lama kambuh lagi, tehnisi beberapa kali datang nampaknya cuma nambah freon, sehingga AC dingin untuk sesaat dan tidak menyelesaikan masalah.

Cari tehnisi lain sampai orang keenam, prosedur kurang lebih sama dengan biaya variatif pada kisaran 500 - 800 ribu tidak juga menyelesaikan masalah. Kalau dihitung sih biaya perbaikan yang sudah dikeluarkan sudah bisa buat beli unit baru. Karena keyakinan bahwa ini problem umum dan pasti masih banyak diluaran sana tehnisi AC handal lagi berintegritas, mulailah hubungi kerabat barangkali ada tehnisi AC yang bisa direkomendasikan. Akhirnya dapatlah si Bapak ini, setelah melakukan serangkaian penelusuran Bapak ini memutuskan untuk unit AC dan berjanji memasang lagi sore harinya. beliau menetapkan ongkos servis 400 ribu dengan garansi 2 bulan yang langsung saya setujui.

Sore dihari yang sama si Bapak dateng sama seorang asisten dan dilakukanlah pemasangan kembali unit AC dirumah yang sudah diperbaiki. Kemudian dilakukan serangkaian test untuk memastikannya sudah berfungsi normal. Setelah basa-basi dan membayar ongkos service si Bapak & asisten pamit sambil berkata mudah-mudahan AC nya awet sehat yang Pak/Bu. Yang saya dan istri jawab ... Aaamiin. Alhamdulillah sejak itu sampai saat ini setelah lebih setahun AC baik-baik saja. Dan sampai saat ini, si Bapak saya percaya untuk melakukan pembersihan & perawatan AC dirumah secara rutin. Bahkan saya juga merekomendasikan kepada tetangga dan keluarga besar untuk menggunakan jasanya.

Tulisan ini selain sharing informasi juga sebagai apresiasi saya kepada sosok tehnisi AC langka, yang expert & jujur serta berdedikasi. Karena tidak bermaksud untuk endorse, bagi rekan pembaca diarea Jabodetabek umumnya dan area Bekasi - Jaktim khususnya yang membutuhkan jasa beliau bisa koment untuk mendapatkan no kontaknya.

Makanan enak murah di Jakarta

makanan enak murah di jakarta timur
Gambar dari pixabay.com
Bagi sebagian warga Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia, membeli makan siap santap untuk keperluan sarapan atau makan siang, sudah menjadi kelaziman, apalagi bila didukung kondisi rumah yang tidak ada pembantu ditengah kepadatan aktifitas suami istri sebagai karyawan yang dituntut untuk berangkat sepagi mungkin agar tidak terlambat masuk kantor. Kepadatan lalu lintas jalanan saat jam pulang kantor seringkali memaksa laju kendaraan bergerak secara lambat merayap, yang berakibat tidak dapat sampai di rumah dengan tepat waktu. Ujung-ujungnya menu untuk santap malampun terpaksa harus mengandalkan warung makan kesayangan.

Pengeluaran untuk makan sehari-hari merupakan jenis biaya dengan porsi terbesar dari alokasi belanja bulanan keluarga. Untuk itu, apabila sebuah keluarga karena kondisi tertentu mengharuskannya sering mengkonsumsi makanan siap santap olahan dari warung makan (tentu akan lebih boros), maka perlu dibuat langkah-langkah terencana dan cermat sehingga keluarga tetap mendapatkan asupan makanan bergizi dan higienis dengan budget yang tersedia.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan :

I. Hindari membeli nasi putih.

Usahakan yang dibeli diwarung sayur dan lauk saja. Nasi putih masak sendiri ... praktis kok. Sesibuk apapun, kita pasti bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk sekedar menanak nasi. Bersihkan beras, tambah air secukupnya kemudian colok power magic com ke sumber listrik. Tinggal deh, kerjakan aktifitas yang lain, sekitar setengah jam setelahnya nasi matang siap santap sudah tersedia. Kalau beli diwarung, selain harga satu porsinya cukup mahal, sering kali tidak cukup kenyang untuk satu orang, jadi lebih ekonomis masak nasi putih secara mandiri.

II. Buat sayur dan lauk yang pengolahannya praktis.

Masak tumis-tumisan sangat mungkin dilakukan ditengah kesibukan persiapan berangkat kantor, kalau tidak sempat, paling tidak dadar atau ceplok telur untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh. Alternatif lain dengan matengin ikan sarden. Beberapa menu tersebut bisa diolah dengan singkat secara praktis tanpa ribet plus biaya yang terjangkau. Jauh lebih sehat, juga lebih hemat dibanding bila membeli sarapan di warung.

III. Usahakan masak pada akhir pekan.

Akhir pekan merupakan moment dimana seluruh anggota keluarga biasanya bisa ngumpul. Masak menjadi salah satu cara ayik untuk menghangatkan kebersamaan ditengah kesibukan masing-masing selama sepekan sekaligus bisa mendapatkan menu makan lebih higienis, bergizi dan tentu lebih sesuai dengan selera keluarga. Sekaligus ekonomis ... itu sudah pasti.

Makanan enak di jakarta timur


Buat rekan-rekan yang biasa beraktifitas di Jakarta Timur khususnya di sekitar Lulu Hipermart Cakung, berikut beberapa warung makan ekonomis rekomendasi yang layak dicoba :

1. Warung tenda RM. Jatim.

Biasa dikenal dengan warung Bude Jatim, terletak persis di pertigaan sebelah kanan pintu masuk Perumahan Taman Pulo Gebang. Persis di sebelah kiri Indomart. Ini warung tenda dengan cita rasa lokal kas warteg, menu standar dengan harga sangat bersahabat. Bahkan boleh dibilang paling murah dikelasnya, sebagai gambaran per 20 Maret 2020 harga paket nasi sayur plus ayam goreng atau ikan adalah Rp. 10.000,-. Sementara harga di warung lain dengan menu yang sama sudah pada kisaran Rp. 15.000,-. Ngga percaya ... sesekali cobain deh sarapan atau makan siang disana, dijamin ekonomis.

2. Padang Paris.

Warung makan ini menonjol dari sisi cita rasa dengan harga standar warung padang pada umumnya, setiap jelang jam makan siang sudah pasti terjadi atrian cukup bejubel. Banyak yang beli dibungkus karena lokasi memang cukup sempit sehingga tidak dapat menampung banyak konsumen yang hendak makan disana.

3. Nasi Goreng Gondrong.

Berlokasi di dalam kompleks Pulo Gebang Permai, sebrang Kitamart, Nasi Goreng Gondrong ini memiliki pelanggan loyal yang banyak. Terbukti antrian yang selalu terjadi tiap jelang jam makan baik siang maupun sore. Selain cita rasa yang oke, porsi jumbo dan harga relatif murah menjadi salah satu daya tariknya. Menu satu porsi nasi goreng dengan harga per 20 Maret 2020 sebesar Rp. 19.000.- cukup kenyang untuk dimaka oleh dua orang. Penasaran kan? Coba sesekali mampir.

Tips membeli mobil bekas

tips beli mobil bekas
Gambar dari pixabay

Seiring peningkatan pendapatan dan perbaikan taraf hidup serta tuntutan akan mobilitas keluarga secara lebih nyaman dalam sebuah kebersamaan maka keberadaan mobil seakan menjadi kebutuhan yang keberadaannya tidak bisa ditawar. Apalagi sebuah keluarga dengan tiga anak atau lebih, ketika hendak melakukan perjalanan bersama, baik sekedar sesekali makan diluar, berwisata didalam kota mengusir kepenatan atau bersilaturahmi ke kerabat dan handai taulan, pilihan menggunakan motor sekalipun cukup ekonomis tetapi kurang pas karena membutuhkan setidaknya 3 motor agar seluruh anggota keluarga bisa terangkut selain tidak cukup safety. Menggunakan moda transportasi umum dirasa masih belum cukup nyaman, maka pilihan paling realistis adalah menggunakan mobil pribadi.

Pilih mobil bekas atau baru


Kalau anak sultan dll yang secara financial tidak masalah tentu membeli mobil baru sangat disarankan, selain model yang sudah pasti terkini, biasanya ada jaminan garansi mesin dari pabrikan sampai beberapa tahun kedepan. Sehingga bisa dipastikan sampai beberapa tahun kedepan mobil tidak akan rewel dan tidak perlu "jajan". Meski mobil baru dengan beragam varian model bermunculan dari tahun ke tahun dengan peminat yang senantiasa membludak, bukan berarti mobil second menjadi kurang diminati. Bagi sebagian orang membeli mobil bekas masih menjadi pilihan yang cukup menarik setidaknya karena beberapa faktor berikut ini :

  1. Harga jauh lebih murah.

    Pilihan ini menjadi solusi alternatif ditengah keterbatasan dana yang ada, sehingga mobilitas keluarga dapat dilakukan lebih nyaman dengan mobil pribadi tanpa harus memaksakan diri dengan berhutang yang akan menjadi beban kehidupan pada masa yang akan datang.
  2. Penyusutan relatif rendah.

    Sebuah mobil akan mengalami depresiasi atau penyusutan harga pada kisaran 15 hingga 25 persen per tahun selama lima tahun pertama sejak mobil dibeli. Oleh karena itu membeli mobil baru, apalagi secara kredit tanpa pertimbangan keuangan yang matang adalah sebuah pilihan yang kurang tepat. Lebih baik mempertimbangkan membeli mobil bekas dengan umur lebih dari lima tahun dengan depresiasi pertahun lebih kecil dan cenderung lebih konstan.
  3. Pajak relatif kecil.

    Yang perlu diingat, ketika memiliki mobil, sudah bisa dipastikan pengeluaran bulanan keluarga bertambah, khususnya untuk alokasi bensin dan perawatan kendaraan yang tidak boleh diabaikan. Juga perlu dipersiapkan pajak tahunan, yang besarnya variatif tetapi secara umum pada type selevel, mobil baru cenderung dikenakan pajak dengan nominal lebih tinggi bila dibanding dengan mobil bekas.
  4. Langsung bisa digunakan.

    Mobil bekas yang sudah kita bayar lunas otomatis kelengkapan surat-suratnya kita terima saat itu juga, sehingga kendaraan tersebut bisa langsung digunakan, berbeda dengan ketika membeli mobil baru, meskipun secara tunai butuh berminggu-minggu bahkan bulanan untuk sampai menerima dengan lengkap surat-surat kendaraan sehingga bisa digunakan.

Tips beli mobil bekas


I. Beli dari saudara, teman atau tetangga.

Membeli mobil second dari saudara, teman atau tetangga yang kesehariannya kita tahu merupakan orang yang "apik" merawat kepemilikan apapun sangat direkomendasikan, terlebih bila ia adalah pemilik pertama. Umumnya, dengan pilihan ini kita akan mendapatkan informasi yang "jujur" mengenai riwayat mobil yang hendak kita beli. Kita juga bisa melihat fisik mobil apa adanya tanpa polesan atau tricky yang sering kali tipuan ala pedagang mobil yang selalu punya cara untuk membuat dagangan terkesan wow dengan harga pasaran yang ditawarkan.

II. Ajak mekanik.

Kalau tidak cukup yakin dengan kemampuan diri lebih baik mengajak mekanik profesional untuk menemani saat survey dan memilih mobil bekas yang hendak kita beli. Lebih baik mengeluarkan biaya 300 sampai 500 ribu untuk membayar jasa tersebut dari pada salah pilih membeli mobil bekas. Bila kesalahan ini terjadi, tentu konsekuensi biaya perbaikan yang tidak sedikit kedepannya.

III. Pilih showroom atau dealer yang punya reputasi bagus.

Meskipun lebih mahal, showroom atau dealer dengan reputasi baik tidak akan semena-mena menentukan harga mobil second yang dijualnya, harga yang ditawarkan relatif sesuai dengan kualitas barang dan nilai pasar saat itu. Juga menjaminan bahwa mobil tersebut bukan bekas terkena banjir atau tabrakan.

IV. Beli pada akhir tahun.

Biasanya pada akhir tahun banyak dealer memberikan diskon untuk mobil-mobil baru yang mereka jual untuk menghabiskan stock sebelum mobil model baru diluncurkan. Hal ini berpengaruh terhadap harga jual mobil second, sehingga ketika kita melakukan pembelian saat itu, akan cenderung mendapatkan harga bagus.

V. Hindari beli jelang hari raya.

Moment hari raya seringkali menjadi ajang unjuk keberhasilan setelah sekian lama merantau, salah satu pembuktiannya adalah membawa mobil ketika masa mudik tiba. Kebiasaan ini akan berdampak secara langsung terhadap harga mobil second yang ditawarkan oleh pedagang, showroom maupun dealer-dealer mobil. Pada saat seperti ini harga mobil bekas bisa naik 5 sampai 10 juta dari biasanya.

Doa melunasi hutang

doa hutang lunas
Gambar dari MaaHaaDzaa

Bagi yang sedang terlilit hutang, mampu segera melunasi adalah kemewahan yang menjadi impian terdalamnya. Bagaimana tidak, berhutang sudah pasti akan membuat pelakunya tersiksa, tidak bisa nyenyak tidur di malam hari, malu bertemu orang pada siang harinya. Khusiusnya ketika ada problem terkait dengan pengembalian hutang. Sebagai pemisalan ada seseorang yang sudah terlanjur berhutang di bank dengan sertifikat rumah tinggal yang menjadi agunan sementara namanya masuk daftar karyawan yang terkena PHK. Pasti ada sebersit kekhawatiran atau rasa was-was dengan tanggung jawab angsuran yang rutin harus dianggarkan, juga rasa was-was dengan agunan ketika misalnya mengalami kendala dalam pembayaran angsuran, sementara gambaran sumber-sumber pendapatan baru belum terbersit sama sekali, tentu kondisi seperti ini akan lebih membuat tidak nyenyak lagi ketika tidur.

Sebagai pemisalan berikutnya ketika seseorang terpaksa harus berurusan dengan pinjaman online. Secara umum, salah satu karakteristik Pinjol adalah pinjaman jangka pendek dengan nominal tidak terlalu besar dengan bunga harian yang mencekik. Ketika terjadi permasalahan pembayaran angsuran dengan nyaris tanpa toleransi, juga tanpa ba bi bu, nasabah pinjol akan diintimidasi dengan panggilan teror berulang bahkan ke nomor2 kontak lain yang tersimpan dalam HP si nasabah, yang sudah pasti akan membuatnya lebih dari sekedar malu. Mudah mudahan kita semua, pembaca setia blog ini Allah lapangkan rizkinya dan juga Allah lindungi dari aktifitas berhutang. Aamiin. ... he he he, kenceng amat ngucapin Aamiin nya. :)

Doa hutang lunas

Suatu ketika saat memasuki masjid, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendapati seorang shahabat dari kalangan Anshar yang bernama Abu Umamah. Melihatnya sedang berada di dalam masjid, Rasulullah menyapa dengan penuh keramahan, Wahai Abu Umamah. Mengapa kamu duduk di masjid di luar waktu shalat? Kesedihan dan hutang yang sedang melilitku wahai Rasulullah! jawab Abu Umamah. Maukah kamu aku beritahu doa yang jika dilantunkan akan menghapus kesedihan dan melunasi hutangmu? lanjut Rasulullah. Baik, mau banget wahai Rasulullah, timpal Abu Umamah.

Rasulullah kemudian memerintahkan agar membaca doa ini pada waktu pagi dan sore:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari gundah dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia.”

Setelah mengamalkan doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Umamah kemudian berkomentar, Lalu Allah ‘Azza wajalla menghilangkan kebingunan dan kesedihanku demikian juga hutang-hutangku pun lunas. (HR Abu  Dawud)

Cara cepat menjadi orang kaya

cara cepat menjadi kaya
Gambar dari pixabay.com

Menjadi kaya dengan harta berlimpah adalah impian semua orang. Rasanya segala yang menjadi keinginan akan dapat terpenuhi dengan harta yang ada, semua dapat dibeli dengan uang (pandangan ini tidak selamanya benar). Namun sering kali jalan hidup seseorang memang tidak selalu sesuai dengan apa yang diharapkan. Tidak sedikit orang dengan tipikal pekerja keras, banting tulang siang dan malam memburu harta tanpa lelah tetapi yang didapat tidak lebih hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari, itupun tidak bisa dikatakan mewah untuk kebanyakan orang. Disisi lain ada orang yang terlihat santai dalam menjalani aktifitas keseharian namun hidup bergelimang dengan kemewahan. Memang harta tidak didapat semata-mata hanya dengan kerja keras, namun harus diimbangi dengan kerja cerdas.

Semua orang dengan beragam latar belakang pada dasarnya memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi kaya. Jadi teringat dengan pernyataan berikut : Terlahir miskin, itu bukan salahmu, tetapi mati dalam keadaan miskin itu sudah pasti salahmu. Konon pernyataan tersebut berasal dari Bill Gates, seorang milyarder pendiri microsoft. Terus bagaimana cara menjadi kaya? Menurut saya, kaya hanyalah salah satu buah dari kemampuan mengisi waktu dengan sebaik-baiknya, seproduktif mungkin. Buah dari keuletan, ketekunan dan pantang menyerah menghadapi segala rintangan serta menaklukkan kebosanan untuk tetap fokus dalam mencapai tujuan. Juga kerja keras yang diiringi dengan kerja cerdas penuh kreatifitas.

Cara menjadi kaya menurut Islam


Ajaran Islam sangat mendorong pemeluknya untuk menjadi kaya, sehingga bisa maksimal dalam melaksanakan berbagai anjaran Islam yang mensyaratkan ketersediaan harta seperti:

  1. Zakat, infaq, shodaqoh, bahkan syariat menutup auratpun mensyaratkan harta sehingga pakaian beserta kelengkapan tersedia secara memadai. 
  2. Syari'at Qurban.
  3. Berhaji ke Baitullah.
  4. Mengaqiqahkan anak-anak.
  5. Membuat kamar terpisah untuk anak laki-laki dan perempuan.
  6. Memberikan nafkah terbaik untuk keluarga & pendidikan anak-anak. dll
Semua itu seharusnya menjadi penyemangat bagi setiap muslim untuk berusaha maksimal sehingga memiliki strandar kehidupan lebih baik dengan harta benda melimpah. Prinsip zuhud dan qona'ah dalam hidup tidak boleh menghalanginya menjadi seorang kaya raya dengan asset berlimpah yang membawa maslahat buat Ummat, Da'wah serta Izzul Islam wal Muslimin.

I. Dua Raka'at sebelum subuh

Sholat sunnah dua raka'at sebelum subuh nilai pahalanya lebih baik dari pada dunia dan seisinya.
Dengan melakukannya secara rutin, apalagi tidak tidur lagi setelah subuh, Insya Allah fisik & psikis kita senantiasa segar menyambut hari baru dengan energik dan penuh semangat memulai aktifitas.

II. Do'a pagi dan petang

Terutama do'a mohon perlindungan kepada Allah dari malas dan lemah, juga mohon  perlindungan dari menjadi faqir dan kafir, kikir dan pengecut, juga doa lunas hutang - mohon perlindungan dari terlilit hutang, juga perlindungan agar menjadi pribadi yang bisa bersikap secara merdeka.

III. Giat bekerja menjemput rizky

Beraktifitaslah yang produktif, tekuni apa yang menjadi hobbi dengan sungguh-ungguh dan jangan malu untuk bekerja apapun jenis pekerjaannya yang penting halal sambil terus mencari dan menemukan jenis pekerjaan yang paling sesuai dengan minat, hobi dan kecenderungan. Bila sudah menemukannya orang akan rela percapek ria tidak kenal lelah mengurusi pekerjaannya.

IV. Berbakti kepada kedua orang tua

Ridho orang tua sangat berpengaruh terhadap keberhasilan hidup anak-anaknya. Untuk itu sebisa mungkin sebagai seorang anak, selagi masih hidup berikan yang terbaik untuk orang-orang tua kita tanpa harus menunggu keduanya meminta. Sangat jarang orang tua meminta kepada anak bahkan dalam kondisi sesulit apapun. Buat keduanya senantiasa tersenyum kemudian rasakan berbagai kemudahan hidup akan engkau rasakan setelahnya.

V. Infaq dan shodaqoh

Mampu berbagi adalah fitrah manusia, ada kepuasan tersendiri ketika melakukannya terlebih apabila tepat sasaran. Disamping itu disisi Allah, ada balasan besar menanti bahkan sampai tak terhingga tergantung keikhlasan ketika melakukannya.

Hight Income Skill


Dimasa lalu profesi-profesi yang dianggap hight income skill adalah dokter, programmer, pengacara dll. Profesi tersebut dimasa lalu bergengsi dengan tarif tinggi, kemudian setelah orang-orang berbondong-bondong menyekolahkan anaknya di fakultas kedokteran, IT dan hukum yang pada akhirnya supply SDM pada profesi2 tsb melimpah dan berdampak pada penurunan tarif pasaran profesi tersebut. Saya secara pribadi lebih setuju istilah Hight Income Skill dengan istilah spesialisasi ketrampilan sampai level unik tertentu yang bisa dicapai pada bidang masing-masing, sehingga setiap orang punya peluang yang sama. Menjadi dokter spesialis tentu dihargai lebih dari dokter umum, menjadi guru spesialis tentu dihargai lebih dari guru umum, demikian juga menjadi petani dan peternak spesialis tentu dihargai lebih dari petani dan peternak pada umumnya. Bahkan didunia peternakan, ada profesi spesialis dengan kemampuan membedakan telur bebek betina atau pejantan yang dihargai sampai dua digit rupiah. Didunia olah raga orang dengan kemampuan memukul bulu bebek spesialis, atau menggiring bola spesialis bisa mendapatkan kontrak tahunan dengan nilai fantastis.  Pendek kata memiliki spesialisasi skill tertentu apalagi yang langka akan akan menjadi salah satu cara untuk menjadi kaya secara cepat, mengingat akan dihargai tinggi dengan persaingan relatif longgar.

Money Management Skill


Banyak orang dengan penghasilan yang sebenarnya lumayan ternyata tidak dapat hidup secara layak karena tidak memiliki kemampuan mengelola uang secara baik. Cenderung aji mumpung ketika terima gaji. Barang apa saja yang diinginkan dibeli tanpa pertimbangan matang apakah benar-benar dibutuhkan atau sebenarnya sekedar keinginan, sekedar menuruti ego gaya hidup yang tidak akan ada puasnya ketika dituruti. Kurang memiliki skala prioritas dalam membelanjakan uang. Akibatnya banyak pos penting yang seharusnya mendapat jatah penganggaran setiap kali menerima gaji terabaikan. Pos penting seperti dana darurat (emergency fund) tidak siap sehingga ketika ada kebutuhan mendadak akan berpotensi terjebak hutang bank, atau lebih parahnya lagi hutang pinjol dengan bunganya selangit. Orang dengan tipe ini akan cenderung memiliki permasalahan keuangan serius dimasa tua sehingga memaksanya tetap bekerja dengan keras untuk sekedar memenuhi kebutuhan dasar setiap harinya.

Sementara orang lain dengan penghasilan biasa saja tetapi memiliki kemampuan mengelola uang secara baik, ia akan berusaha hidup apa adanya,standart gaya hidup dipastikan jauh dibawah penghasilannya dan secara konsisten menabung dan berinvestasi berapapun jumlahnya. Dana darurat juga tersedia dengan jumlah memadai dan pada saat usia pensiun tiba Insya Allah tidak ada permasalahan keuangan yang serius mengingat segala sesuatunya sudah dibuatkan rencana secara baik jauh-jauh hari sebelumnya.

Hidup Hemat


Banyak orang yang terbebas dari kemiskinan ekstrim dengan cara menjalani gaya hidup minimalis. Bahkan setahu saya banyak juga orang kaya yang menjalankan gaya hidup ini untuk mempertahankan bahkan melipatgandakan kekayaannya. Sebut misalnya pendiri facebook Mark Zuckerberg yang sering terlihat memakai kaos yang itu2 saja atau Bill Gates yang pernah jadi pembicaraan karena mengenakan arloji begitu murah, yaitu merek Casio seharga sekitar USD 10 atau di kisaran Rp 130 ribu dan masih banyak contoh lain tokoh-tokoh lain yang sukses secara materi namun bersahaja dalam keseharian yang layak untuk kita teladani bagaimana cara hidup hemat mereka ditengah keberlimpahan harta dan materi.
Back To Top