Doa melunasi hutang

doa hutang lunas
Gambar dari MaaHaaDzaa

Bagi yang sedang terlilit hutang, mampu segera melunasi adalah kemewahan yang menjadi impian terdalamnya. Bagaimana tidak, berhutang sudah pasti akan membuat pelakunya tersiksa, tidak bisa nyenyak tidur di malam hari, malu bertemu orang pada siang harinya. Khusiusnya ketika ada problem terkait dengan pengembalian hutang. Sebagai pemisalan ada seseorang yang sudah terlanjur berhutang di bank dengan sertifikat rumah tinggal yang menjadi agunan sementara namanya masuk daftar karyawan yang terkena PHK. Pasti ada sebersit kekhawatiran atau rasa was-was dengan tanggung jawab angsuran yang rutin harus dianggarkan, juga rasa was-was dengan agunan ketika misalnya mengalami kendala dalam pembayaran angsuran, sementara gambaran sumber-sumber pendapatan baru belum terbersit sama sekali, tentu kondisi seperti ini akan lebih membuat tidak nyenyak lagi ketika tidur.

Sebagai pemisalan berikutnya ketika seseorang terpaksa harus berurusan dengan pinjaman online. Secara umum, salah satu karakteristik Pinjol adalah pinjaman jangka pendek dengan nominal tidak terlalu besar dengan bunga harian yang mencekik. Ketika terjadi permasalahan pembayaran angsuran dengan nyaris tanpa toleransi, juga tanpa ba bi bu, nasabah pinjol akan diintimidasi dengan panggilan teror berulang bahkan ke nomor2 kontak lain yang tersimpan dalam HP si nasabah, yang sudah pasti akan membuatnya lebih dari sekedar malu. Mudah mudahan kita semua, pembaca setia blog ini Allah lapangkan rizkinya dan juga Allah lindungi dari aktifitas berhutang. Aamiin. ... he he he, kenceng amat ngucapin Aamiin nya. :)

Doa hutang lunas

Suatu ketika saat memasuki masjid, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendapati seorang shahabat dari kalangan Anshar yang bernama Abu Umamah. Melihatnya sedang berada di dalam masjid, Rasulullah menyapa dengan penuh keramahan, Wahai Abu Umamah. Mengapa kamu duduk di masjid di luar waktu shalat? Kesedihan dan hutang yang sedang melilitku wahai Rasulullah! jawab Abu Umamah. Maukah kamu aku beritahu doa yang jika dilantunkan akan menghapus kesedihan dan melunasi hutangmu? lanjut Rasulullah. Baik, mau banget wahai Rasulullah, timpal Abu Umamah.

Rasulullah kemudian memerintahkan agar membaca doa ini pada waktu pagi dan sore:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari gundah dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia.”

Setelah mengamalkan doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Umamah kemudian berkomentar, Lalu Allah ‘Azza wajalla menghilangkan kebingunan dan kesedihanku demikian juga hutang-hutangku pun lunas. (HR Abu  Dawud)
0 Komentar untuk "Doa melunasi hutang"

Back To Top